blog'a Iytha Dwie

Loading...

Jumat, 23 Desember 2011

Pengertian dan Peranan Akuntansi

Pengertian

Dalam pengetahuan akuntansi dikenal dua istilah asing , yaitu accountancy dan accounting . Secara terminology istilah tersebut lazim diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi Akuntansi . Untuk mendekatkan pengertian terhadap kedua istilah tersebut , perlu diketahui ppengertian dan kedudukan masing” dalam pengetahuan akuntansi.

Accountancy merupakan suatu metodologi dan himpunan pengetahuan yang berkenann dengan sisten informasi dari satuan – satuan ekonomi apa pun bentuknya , yang terbagi atas dua bagian . Pertama , accounting ialah pengetahuan yang menyangkut proses pelaksanaan pembukuan dalam arti luas . Kedua , auditing ialah pengetahuan menyangkut pemeriksaan dan penilaian (evaluasi) atas hasil proses pelaksanaan pembukuan tersebut. Oleh karena itu istilah accountancy lebih luas meliputi baik bidang teori , proses pembukuan penerapan atau praktek , maupun pemeriksaan dan penilaian . Sementara itu , istilah accounting hanya menujukan bidang teori . Proese pembukuan dalam arti yang luas meliputi penafsiran (interpretasi) atasnya. Bagan pembagian pengetahuan akuntansi dapat dilihat .

Definisi

Akuntansi sering dijuluki bahasa bisnis (the language of business). Perubahan yang cepat dalam masyarakat telah menyebabkan semakin kompleknya bahasa tersebut,yang digunakan untuk mencatat , meringkas , melaporkan , menginterpretasikan data dasar ekonomi untuk kepentingan perorangan pengusaha , pemerintah , dan anggota masyarakat lainnya.

Akuntansi telah didefinisikan secara luas , menurut definisi dari American Accounting Association adalah :
“…the process of identifying , measuring ,and communication economic information to permit informed judgment and decisions by users of the information . “


Akuntansi adalah proses mengindentifikasikan , mengukur , dan melaporkan informasi ekonomi untuk membuat pertimbangan dan mengambil keputusan yang tepat bagi pemakai informasi . Termasuk alam definisi ini adalah keharusan bagi akuntansi untuk mengetahui lingkungan social ekonomi sekitarnya. Tanpa mengetahui tersebut , mereka tidak akan dapata mengidentifikasi dan membuat informasi yang relevan.

Peranan akuntansi

Akuntansi menyajikan informasi keuangan secara kuantitatif dan relaven kepada pihak –pihak yang berkepentingan (pemakaian informasi tersebut) dalam pengambilan keputusan – keputusan ekonomi . Baik dalam mengukur keberhasilan operasi perusahaan , maupun membuat rencana dimas yang kan dating . Pimpinan perusahan memerlukan catatan dan laporan akuntansi , dalam menentukan sejauh mana hasil – hasil yang dicapai sesuai denga rencana .

Pentingnya Prinsip Akuntansi

Prinsip akuntansi yang diterima umum merupakan pedoman dalam penyusuna laporan keuangan . Dengan adanya prinsip akuntansi , terdapat korelasi pada informasi yang dihasilkan . Hali ini karena adanya suatu keseragaman cara metode dan procedure utuk mengolah transaksi – transaksi , sehingga dapat mengahsilkan informasi keuangan yang dapa dipercaya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar