Jumat, 23 Desember 2011

Laporan Keuangan

A. Pengertian
Laporan keuangan adalah laporan tertulis yang memberikan informasi kuantitatif tentang posisi keuangan dan perubahan – perubahan , serta hasil yang dicapai selama periode tertentu .
Posisi keuangan memberikan gambaran tentang bagaimana susunan kekayaan yang dimiliki perusahaan dari sumber-sumber kekayaan itu didapat . Perubahaan posisi keuangan menunjukan kemajuan perusahaan , memberikan gambaran tentang apakah pperusahaan memperoleh laba dalam melaksanakan kegiatannya dan apakah perusahaan mengalami perkembangan yang menunjukan manajemen telah mengelola perusahaan dengan berhasil.

B. Tujuan Laporan Keuangan
Meningat masing-masing pihak yang dengan perusahaan bersangkutan mempunyai kepentingan yang berbeda-beda maka laporan keuangan harus disusun sedemikian rupa sehingga memenuhi kebutuhan semua pihak. Laporan keuangan yang demikian disebut Laporan keuangan utnuk tujuan umum .
Tujuan umum Laporan Keuangan ,antara lain :
1.Menyajikan informasi yang dapat diandalkan tentang kekayaan dan kewajiban .
2.Menyajikan informasi yang dapat diandalakan tentang perubahan kekayaan bersih perusahaan sebgai hasil dari kegiatan usaha .
3.Menyajikan informasi yang dapat diandalkan tentang perubahan kekayaan bersih yang bukan berasal dari kegiatan usaha .
4.Menyajikan informasi yang dapat membantu para pemakai dalam menaksirkan kemampuan perusahaan memperoleh laba .
5.Menyajikan infomasi lain yang sesuai / relaven dengan keperluan para pemakainya.
Laporan keuangan yang dilengkapi dengan keterangan terperinci biasanya disebut laporan untuk tujuan khusus . Misalnya , Laporan keuangan untuk bank dan di kantor pajak.

C. Bentuk Laporan keuangan
Laporan keuangan disajikan dalam dua bentuk , yaitu :
1. Posisi keuangan pada suatu saat , yaitu yang lebih dikenal dengan istilah neraca (balance sheet)
2.Perubahaan posisi keuangan untuk suatu periode , yaitu terdiri dari :
a.Laporan rugi /laba (income statement).
b.Laporan perubahaan modal (capital statement)atau untuk perusahaan dengan bentuk perseroan terbatas dikenal dengan laporan laba yang ditahan (retained earning).
Kepala (heading) seluruh daftar keuangan yang merupakan kesatuan dari laporan keuangan seperti tersebut di atas harus meyebutkan nama perusahaan , judul daftar dan tanggal /periode.
Nama perusahaan adalah perusahaan yang angka-angkanya dicantumkan dalam daftar bersangkutan . Judul daftar menunjukan nama daftar keuangan yang bersangkutan yang membedakan dari daftar keuangan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar