Jumat, 23 Desember 2011

Harta , Utang dan Modal

Harta yang dimiliki oleh suatu perusahaan disebut harta / aktiva , sedangkan hak atau klaim atas harta tersebut dinamakan hak kekayaan . Apabila sebuah perusahaan memiliki kekayaan sebesar Rp 1.000.000 maka hak kekayaan atas harta tersebut juga sebesar Rp 1.000.000 . Hubungan harta dan hak atas kekayaan tersebut dapat dinyatakan dalam bentuk persamaan sebagai berikut :

Harta = Hak kekayaan

Atau

Assets = Equity

Hak kekayaanterdiri dari hak kreditur dan hak kepemilikan . Hak kreditur menunjukan utang perusahaan . Hak kekayaan pemilik modal ( capital ) atau hak pemilik (owner’s equity). Apabila persamaan diata dikembangkan yaitu dengan memasukan kedua unsur hak kekayaan dalam persamaan , aan diperoleh apa yang disebut persamaan akuntansi (accounting equation),seperti tampak dibawah ini ;

Harta = Utang + Modal

Atau

Assets = Liabilities + Capital

Penempatan utang didepan modal dalam persamaan akuntansi tersebut karena kreditur mepunyai hak preferensi terhadap harta pemilik .. Sisanya merupakan klaim pemilik atau para pemilik yang kerap kali disebut hak kekayaan pemilik dangan memindahkan utang (liabilities) kesisi ruas kiri maka persamaan akuntansi akan tampak sebagai berikut :

Harta – Utang = Hak kekayaan Pemilik
Atau
Assets – Liabilities = Capital

Persamaan tersebut haruslah dipahami benar-benar karena akan menjdai dasar dalam mempelajari akuntansi . Persamaan akuntansi merupakan dasar dalam memahami system pembukuan berpasangan (double entry system).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar